Selasa, 07 Februari 2012

PARAGRAF


Paragraf adalah main poin pengekplorasian buah pikiran dalam sebuah karangan (Akhadijah dkk:1998).  Fungsi umum paragraph adalah sebagai penanda bahwa sebuah topik baru telah dimulai.
Berdasarkan tujuan, paragraph terbagi atas paragraf pembukan, penghubung, dan penutup.
1.      Paragraf pembuka
Di dalam bahasa Inggris, paragraf ini dikenal dengan nama introductory paragraph, di mana fungsinya untuk mengantar pembaca untuk pada kesatuan pemahaman akan topik yang diangkat, pentingnya topik trsebut, dan alasan mengapa menulis topik tersebut.
2.      Paragraf penghubung
Di paragraf inilah tercantum masalah –masalah yang sedang dibahas beserta kalimat-kalimat penjelasnya. Kalimat inilah yang paling panjang dalam sebuah karangan
3.      Paragraf penutup
Kesimpulan akan topik yang diangkat dalam suatu tulisan dituangkan dalam paragrapf ini. Terkadang pula dalam paragraf ini dicantumkan saran-saran dari apa yang telah disimpulkan.

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam ABSI dan salam PBKL, Alhamdulillah kita bersua di medang kolom ABSIku PBKLku.
    Berbicara masalah paragraf tentu suatu langkah maju lagi menuju keterampilan berbahasa,yang berkaitan dengan menulis produktif.
    Paragraf terdiri atas beberapa kalimat, kalimat terdiri atas beberapa frase, sedangkan frase terdiri dari beberapa kata dan kata itu terdiri dari beberapa fonem atau suku kata,sehingga sorot balik ini menjadikan kita kembali menyadari bahwa: Siapakah yang paling awal mengajarkan kita mengenal dan mengucapkan huruf- huruf itu? Yakinlah bahwa segala sesuatu bersumber dari Allah SWT. Jadi alangkah indahnya bila pembelajaran berbahasaini kita integrasikan pendidikan bermuatan keunggulan lokal yang bersumber dari AlQuran dan Hadist

    BalasHapus